Babak Baru Goa Pindul, 11 Pokdarwis Capai Kesepakatan Dibawah Naungan BUMDes


bumdesmajumandiri.id - Menjalang Idul Fitri 1438 H / 2017 M menjadi momentum babak baru pengelolaan destinasi wisata Goa Pindul Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo. Wadah pengelolaan BUMDes Maju Mandiri Desa Bejiharjo telah melaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Jasa Pramuwisata Pengelolaan dan Pengusahaan Goa Pindul bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) se-Desa Bejiharjo, Kamis siang (22/06/2017).
Sebelumnya, BUMDes Maju Mandiri telah melakukan berbagai tahapan, pertemuan musyawarah dengan seluruh Pokdarwis untuk membahas konsep pengelolaan wisata Goa Pindul.
Penandatanganan perjanjian kerjasama tersebut, disaksikan oleh Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah S.sos, Sekda Gunungkidul, Ir. Drajad Ruswandono MT, Kapolres Gunungkidul, AKBP M Arif Sugiyarto, SIK MPP, dan Kepala Dinas Pariwisata Gunnungkidul sejumlah, Saryanto ST dan sejumlah tokoh lainnya.
Kades Bejiharjo, Yanto, dalam sambutannya menyampaikan bahwa operasional BUMDes Maju Mandiri sudah berjalan kurang lebih selama 1 bulan. Kegiatan lain selain sebagai wadah pengelolaan wisata Pindul, telah berjalan beberapa kegiatan seperti pengelolaan sampah, simpan pinjam dan sewa menyewa.
“BUMDes Maju Mandiri dapat berjalan dan beroperasional dengan baik, tidak ada halangan serta sesuai dengan harapan masyarakat Desa Bejiharjo,” harap Yanto.
Sebelum ke-11 Pokdarwis menandatangani perjanjian, Ariyanto AMd Kasi Pemerintahan Desa Bejiharjo membacakan naskah perjanjian kerjasama antara BUMDes dengan Pokdarwis se-Desa Bejiharjo. Adapun 11 Pokdarwis tersebut adalah Dewa Bejo 1 (Dewa Bejo), Dewa Bejo 2 (Wira Wisata), Dewa Bejo 3 (Panca Wisata), Dewa Bejo 4 (Tunas Wisata), Mriwis Putih, Karya Wisata, Goa Emas Adventure, Sumber Banyu Mata, Gelaran Indah, Ngancar Wisata dan Dewi Taliman.
“Ini merupakan capaian yang baik untuk pengelolaan dan pemanfaatan air tanah Goa Pindul,” terang Badingah dalam sambutan.
Ia menambahkan, perlunya pelibatan masyarakat dan pemanfaatan potensi lokal sehingga pengembangan potensi lokal tersebut berkontribusi dalam rangka meningkatkan kemajuan pariwisata Gunungkidul.
“Sebagaimana sesuai motto sektor bidang pariwisata Kabupaten Gunungkidu, yakni Mewujudkan Gunungkidul sebagai Daerah Tujuan Wisata yang Terkemuka dan Berbudaya menuju masyarakat yang berdaya saing, maju, mandiri dan sejahtera tahun 2021,” papar Badingah.
Labels:
[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.